Sabtu, 28 Januari 2012

SLPTT akan ditambah dari 41 menjadi 60 keltan pada tahun 2012

Agam, Singgalang
Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kehutanan Kecamatan Lubukbasung Lukman optimis dapat mengembangkan usaha kelompok tani (keltan) yang dibina melalui program Sekolah Lapangan Pertanian Terpadu (SLPTT) dari 41 menjadi 60 keltan pada tahun 2012 mendatang..
Karena semangat keltan lain yang sebelumnya mencapai 181 keltan sudah mulai bangkit dan menghendaki pembinaan pada waktu berikutnya.
Meski demikian pihak dinas akan mempertimbangkan pengusulan bagi keltan lain yang dipandang layak dan didukung oleh kebijakan program dari pemerintah yang lebih tinggi.
“Ini sebuah perkembangan baru dan cukup membanggakan untuk kelangsungan pengembangan pertanian di kecamatan di masa mendatang,” kata Lukman kepada Singgalang, Selasa kemarin.
Kedepan, hal itu akan disikapi pihak UPT sesuai kemampuan yang dimiliki untuk diusulkan mendapatkan pembinaan seperti yang sudah dilakukan selama ini.
Sesuai pengalaman yang ada, keberadaan SLPTT dengan dinamika program yang diberikan melalui program pemerintah pusat telah membuahkan hasil yang membanggakan dalam peningkatan hasil pertanian terutama padi dari program padi tanam sebatang (PTS).
Berbagai kemajuan dalam impelementasi penanaman padi sebatang secara bertahap sudah menampakkan hasil yang cukup signifikan, hal itu ditandai dengan semakin besarnya animo petani meniru pola yang sudah sejak tahun 2006 lalu disosialisasikan pemerintah kepada petani.
“Cukup banyak kemudahan yang dapat dirasakan petani dalam mempraktekkan tanam padi sebatang itu di lahan masing-masing,” katanya.
Diantara kemudahan yang ditemukan adalah sedikit dalam pemanfaatan benih dan sedikit penggunaan pupuk serta cukup mudah dalam memantau perkembangan padi yang ditanam.
Namun diperlukan ketelatenan petani dalam memperhatikan tanaman secara rutin dan terus menerus guna mendapatkan hasil yang maksimal setiap kali panennya.
Diharapkan komitmen kuat yang kini sudah sedang terbangun dalam setiap keltan bersama anggotanya  berpotensi  menumbuhkan semangat baru untuk mendapatkan yang terbaik dalam meningkatkan kesejahteraan melalui bertani.210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar