Sabtu, 28 Januari 2012

agam siap menjadi daerah sentra sulaman di Indonesia

Agam, Singgalang
Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekransda) Kabupaten Agam Ny.Vita Indra Catri menyatakan kesiapan daerah yang dibinanya menjadi daerah sentra sulaman di Indonesia. Berbagai persiapan sudah dilakukan dengan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, Dinas Koperindag Agam, Camat Ampek Angkek dan Walinagari Balai Gurah dan komponen terkait lainnya di Kabupaten Agam.
"Sebagai langkah awal menuju sentra sulaman untuk Indonesia itu, pihak Dekranasda Agam sudah menyiapkan sebanyak 15 peserta latihan yang terdiri dari pengrajin sudah berpengalaman guna dilatih selama 6 bulan kedepan yang bakal dimulai Februari 2012 ini," kata Ny Vita Indra Catri kepada Singgalang, Selasa kemarin.
Pengrajin itu bakal dilatih tenaga profesional di bidangnya, terutama dalam melakukan desaign kain, kombinasi warna benang dan bentuk pembinaan lainnya yang disponsori pemerintah pusat dan Yayasan Sulaman Indonesia pimpinan Ny.Jero Wacik  bekerjasama dengan BUMN yang ada nantinya.
Sehubungan dengan hal itu pihak Dekranasda mengharapkan dukungan dari semua pihak, tidak saja dari Walinagari Balai Gurah, Camat Ampek Angkek dan tokoh masyarakat lainnya disamping dukungan pemerintah kabupaten dan lainnya. Sehingga hasilnya optimal dan semua rangkaian program yang bakal diujudkan berjalan dengan lancar dan sukses.
Direncanakan pada Oktober 2012 mendatang Ny Ani Bambang Susilo Yudoyono akan mengunjungi daerah Ampek Angkek  Kabupaten Agam yang menjadi sentra sulaman itu menyaksikan secara langsung pembuatan sulaman yang menjadi kebanggan nasional itu nantinya.
Kadis Koperinda Agam Hadi Suryadi menyatakan siap menyukseskan program yang telah dicanangkan Dekranasda Agam dalam meujudkan Agam menjadi sentra sulaman nantinya. Tentunya dengan mengoptimalkan berbagai bentuk kesiapan tenaga yang akan dilatih dan komponen terkait lainnya hingga semua program dan rangkaian kegiatan yang bakal dilakukan berjalan dengan baik.
Dalam hal itu Bupati Agam Indra Catri sebagai pembina menyatakan mendukung dan memotivasi jajaran Dekranasda dan lainnya untuk menjadikan Agam sebagai sentra sulaman yang dibuat pada pakaian seperti pakaian, taplak meja dan lainnya. Sehingga mampu menjadikan hasil karya anak nagari Rang Agam itu sebagai produk kebanggaan daerah dan nasioanal bahkti ke tingkat yang lebih tinggi, sekaligus meningkatan kesejahteraan masyarakat nantinya.210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar