Sabtu, 28 Januari 2012

228 miliar lebih dianggarkan pemerintah meminimalisir kemiskinan

Agam, Singgalang
Meski alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam tahun 2012 didominasi gaji PNS dan tambahan penghasilan mereka serta keperluan lainnya, sekitar 25 persen lebih dana yang ada diperuntukkan bagi kelangsungan program pemerintah di bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya meminimalisir angka kemiskinan di Kabupaten Agam.
"Sekitar Rp228 miliar lebih telah dianggarkan pemerintah daerah dalam meminimalisir angka kemiskinan di Kabupaten Agam," kata Sekdakab Agam Syafirman Aziz kepada Singgalang, Rabu kemarin.
Dana sebanyak itu ditempatkan pada berbagai instansi dalam pemerintahan kabupaten. Baik dana yang ada di dinas Pendidikan, Pertanian, Koperindag, Pekerjaan Umum, Perkebunan dan Kehutanan, dinas Sosial tenaga kerja dan lainnya, sehingga sebagian besar masyarakat yang berada di 82 nagari pada 16 kecamatan dapat diakomodir dan tingkat kemiskinan semakin berkurang dari tahun ke tahun.
Dijelaskan, sesuai data yang ada pada hasil rekapitulasi APBD Tahun 2012, total belanja daerah mencapai Rp895.682.732,563,00 yang mencakup belanja tidak langsung Rp617 miliar lebih dan belanja langsung mencapai Rp277 miliar lebih.
"Semuanya itu dilakukan pemerintah daerah bersama lembaga legislatif demi meningkatkan kemakmuran di tengah masyarakat, melalui pembangunan fisik maupun non fisik, sehingga hasil pembangunan yang dilakukan memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat," jelasnya.
Diharapkan, dengan terbatasnya anggaran yang tersebut, mampu memenuhi kebutuhan pembangunan yang diperlukan yang disesuaikan dengan skala prioritas sebelumnya pada masing -masing daerah, kecamatan dan nagari.210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar