Sabtu, 28 Januari 2012

dinsosnaker cairkan 881 jt utk bantuan bencana

Maninjau, Singgalang
Dari Rp1 miliar lebih dana dianggarkan dalam APBD 2011 untuk bantuan stimulan korban bencana, hanya Rp881 juta lebih yang sudah direalisasikan kepada korban bencana yang terjadi selama 2011 lalu. Dana sebesar itu dialokasikan bagi korban bencana kebakaran, longsor, banjir, disambar petir, termasuk kompensasi ternak unggas positif flu burung disamping bantuan terhadap korban becana lainnya yang terjadi.
"Anggaran yang tersedia tersebut merupakan dana yang terdapat pada program penanganan masalah strategis yang mencakup cepat tanggap darurat dan kejadian luar biasa," kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja M.Khudri didampingi stafnya Yusrizal kepada Singgalang, Selasa kemarin.
Pencairan dana bantuan yang diberikan selama ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat korban bencana yang diberikan dalam bentuk sembako dan kebutuhan lainnya yang diperlukan, supaya korban bencana pada saat kejadian tidak kalut dan bingung kepada siapa harus mengadu. Sebab bagaimanapun musibah yang dialami korban tetap menjadi tanggungjawab pemerintah dalam menanganinya sebaik-baiknya sesuai kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki daerah.
Dijelaskan, pihak dinas bersama jajaran yang ada selalu siap siaga selama 24 jam memberikan pertolongan dalam bentuk jaminan kebutuhan sembako dan lainnya pada saat kejadian. Sehingga masyarakat merasa terayomi dan merasa aman dan nyaman.
Pemberian bantuan sosial yang sudah dilakukan selama ini merupakan bagian dari musibah yang terjadi di tengah masyarakat, baik terhimpun dari kejadian-kejadian yang ada dan diketahui umum, termasuk juga kejadian lainnya diberikan setelah adanya laporan dari masyarakat dan dipandang layak mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah.210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar