Sabtu, 28 Januari 2012

20 guru dan relawan ikuti pelatihan penanganan bencana di Lubukbasung. Acara pelatihan

Agam, Singgalang
Sebanyak 20 orang guru dan relawan asal Kecamatan Tanjung Mutiara dan Malalak mengikuti pelatihan penanganan bencana di Lubukbasung. Acara pelatihan itu akan berlangsung sejak tanggal 13 hingga 19 Januari mendatang.
Wakil Ketua Bidang Relawan PMI Cabang Kabupaten Agam Masrizal berharap kepada guru yang mengikuti pelatihan agar ilmu yang diperoleh selama masa pelatihan dikembangkan di sekolah masing-masing dan sekolah terdekat.
Hal itu dilakukan supaya permasalahan penanganan bencana yang dipelajari itu merata dipahami dan dipraktekkan pada saat bencana itu terjadi nantinya.
"Pengetahuan tentang penanganan bencana dipandang perlu dikembangkan di tengah masyarakat, terutama dari kalangan guru, khusus di daerah yang rawan terjadi bencana, karena itu usai pelatihan hendaknya guru yang diberikan pengetahuan supaya mengembangkannya dengan sebaik-baiknya di mana berada," kata Masrizal.
Keberadaan PMI saat ini yang ambil bagian memberikan pencerahan kepada tenaga guru hendaknya disikapi serius dan menjadi cikal bakal pengetahuan dasar tentang penanggulangan bencana, supaya pada saat bencana terjadi tidak lagi panik menghadapinya, akan tetapi dihadapi dengan tenang, sambil mempraktekkan berbagai permasalahan yang ditemui sesuai ilmu dan kemampuan yang dimiliki.
Ketua Pelaksana Training of Training (TOT) Dedi Irawan didampingi pengurus lainnya Beni Sastra menjelaskan, bahwa kegiatan yang digelar selama seminggu itu didukung penuh oleh lembaga palang merah Kanada, dan PMI Cabang Agam hanya meujudkannya bersama pengurus lainnya, sehinggu maksud dan tujuan upaya penanggulangan sejak dini memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya relawan yang terdiri dari kalangan guru di tingkat SMP, SMA pada wilayah rawan bencana.
"Semoga pembekalan yang diberikan oleh tenaga berpengalaman dari relawan kabupaten dan provinsi memberikan manfaat bagi peserta guna meujudkan kesiapsiagaan terhadap bencana di daerah masing-masing," katanya.
Diharapkan pembekalan yang dilakukan tersebut menjadi cikal bakal untuk pengembangang selanjutnya di tingkat sekolah seperti pembinaan bagi pelajar yang aktifi di bidang palang merah remaja dan kepramukaan serta lainnya.210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar