Sabtu, 28 Januari 2012

pemkab sempurnakan program sebelum dibahas di dewan

Agam, Singgalang
Masrizal, anggota DPRD Agam meminta kepada pemerintah kabupaten melalui SKPD yang ada hendaknya merampungkan rancangannya semaksimal mungkin sebelumnya diajukan ke lembaga legislative, agar setiap program dibuat tersebut terukur dan dapat dipertanggungjawabkannya nantinya pada saat program itu direalisasikan.
“Selama ini cukup banyak program pemerintah yang terkesan mandul dan tidak memiliki perencanaan yang matang, sehingga berpotensi besar terjadi kegagalan atau tidak bisa dilaksanakan sesuai rencana,” kata Masrizal kepada Singgalang, Sabtu lalu.
Menurutnya, dengan adanya perencanaan yang matang dalam setiap program pembangunan yang bakal dilakukan akan berguna sekali dalam diminimalisir tingkat kerugian nantinya, sehingga waktu yang ada tidak tersita dan terbuang percuma dalam melakukan pembahasan permasalahan tersebut.
Sebagai contoh, adanya SKPD yang merencanakan mendirikan tower bersama untuk jaringan seluler, pada kenyataan konsep yang dimiliki hanya secuil dan membutuhkan kajian yang mendalam.
Dalam kenyataan selama ini, kalangan dewan sering mengkritisi setiap rancangan program dari pemerintah atau masing-masing SKPD, bukan berarti menolak untuk direalisasikan, akan tetapi diuji kelayakannya secara teori dan persiapan lainnya, sehingga pada saat dianggarkan dalam APBD akan berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan.
“Sesuai pantauan selama ini, proyek atau program kerja yang gagal dilaksanakan sebagian besar didahului tanpa perencanaan yang matang dan tak terukur,” katanya.
Kedepan komitmen memantapkan rancangan program sebelumnya diajukan akan terus dilakukan guna memberikan banyak kemudahan dalam melakukan pembahasan, termasuk dalam merealisasikan nantinya.
Diharapkan melalui pengalaman sebelumnya dijadikan pelajaran berharga untuk tidak terulang di kemudian hari.210



Tidak ada komentar:

Posting Komentar