Senin, 15 Agustus 2011

Pasar pabukoan Matur


Matur, Singgalang
Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah mendukung sepenuhnya pasar pabukoan yang kini tersebar di hampir seluruh kecamatan, nagari di Kabupaten Agam, pasalnya melalui aktifitas perdagangan itu mampu memotivasi masyarakat berkreasi dalam menerapkan kepandaiannya dalam masak-memasak sebagai salah satu bentuk sajian selama bulan ramadhan, lebaran dan setelah itu nantinya.
“Melalui kegiatan perdagangan itu diharapkan mampu memotivasi dan mendorong generasi muda melakukan kegiatan masak-memasak, supaya mereka memiliki keahlian nantinya untuk memenuhi keluarganya,” kata Dt Malako Nan Putiah kepada Singgalang di Matur, Jumat (12/8).
Pada tahap ini pemerintah akan terus mendukung kelancaran aktifitas pembuatan makanan pabukoan itu, supaya generasi muda yang ada saat ini turut ambil bagian mencontoh orang tuanya dalam bidang masak memasak hingga mampu secara mandiri menciptakan khas yang bahannya berasal dari aneka bahan pokok menu makanan selama ini sudah ada.
 Sebelumnya keberadaan pasar pabukoan itu sudah ada dan sudah berkembang dengan sendirinya, kini akan digenjot lagi peran serta masyarakat untuk menciptakan menu makanan yang menarik, enak dan sehat di konsumsi tubuh.
Pengembangan usaha mandiri keluarga dalam bentuk melakukan perdagangan di pasar pabukoan di bidang masakan akan lebih maju nantinya, jika semua komponen masyarakat, khusus kelompok kaum ibu melakukan pelatihan dan pembinaan bagi generasi muda serta anak nagari lainnya menggelutinya dengan baik, sehingga mampu memiliki kepandaian khusus memasak.
“Secara sepintas program tersebut terkesan remeh, akan tetapi mampu menjadi salah satu usaha menambah pendapatan bagi keluarga,” jelasnya.
Untuk menciptakan kesuksesan dalam menggeluti bidang masakan itu diperlukan keseriusan bagi pemerhatinya dengan menjadikan bahan pokok yang ada di sekitar kita seperti singkong, kentang, tomat dan bahan makanan lainnya menjadi sebuah menu makanan yang mendatangkan hasil dalam peningkatan ekonomi keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar