Sabtu, 06 Agustus 2011

Dinkes Agam gerakkan WC bersih

GERAKAN WC BERSIH KABUPATEN AGAM MENUJU KELUARGA SEHAT YANG ALAMI
 AGAM, Sebagian besar dari warga masih mengabaikan pentingnya kebersihan WC (Water Closed), padahal hal itu sebuah kebutuhan utama bagi setiap individu yang selalu menggunakannya setiap hari, baik dalam bentuk buang air kecil dan besar.
“Sebagai bukti masih rendahnya kepedulian masyarakat dengan kondisi WC itu, terlihat pada beberapa tempat khusus dan umum dibiarkan kumuh tak terawat, sehingga terkadang menjadikan kita jijik dengan kondisi seperti itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Indra Rusli.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Bank Dunia, sanitasi yang buruk termasuk WC yang  jorok berperan terhadap kemajuan perekonomian, Hal ini sudah dibuktikan di Cina yang pernah terkenal sebagai negara dengan WC/toilet umum paling kotor. Setelah Pemerintah Cina mengeluarkan Undang-undang tentang kebersihan pada tahun 1994  maka keadaan WC /toilet umum menjadi membaik dan berdampak terhadap peningkatan jumlah wisatawan asing datang ke negara Cina sehingga meningkatkan perekonomiannya.
Kebersihan toilet juga menunjukan budaya kebersihan di suatu bangsa. Maka tidak aneh jika ada Asosiasi Toilet Dunia atau World Toilet Organization (WTO) yang selalu mengadakan pertemuan  setahun sekali pada hari toilet sedunia tanggal 19 November.
“Sehubungan dengan hal itu sudah saatnya masyarakat memiliki kebiasaan hidup sehat yang diawali dengan menciptakan kondisi bersih di WCnya masing-masing, dan kemudian diterapkan di tempat di mana berada, seperti di tempat ibadah, sekolah dan tempat lainnya,” katanya.
Untuk saat ini jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Agam sudah melakukan gerakan WC bersih, tidak saja di lingkungan sendiri, dan mensosialisasikan kepada masyarakat, dunia usaha dan seluruh komponen di Kabupaten Agam dengan meningkatkan akses penduduk terhadap WC yang memenuhi syarat kesehatan dan bersih.
Adapun WC yang memenuhi syarat kesehatan dan bersih itu terbuat bahan yang tahan lama, tidak rawan kecelakaan, dudukan/tempat jongkok menggunakan leher angsa, lantainya tidak licin dan tersedia air yang cukup untuk menyiram kotoran.
Selain itu fasilitas WC juga mempunyai ventilasi dan pencahayaan yang cukup, mempunyai septic tank tertutup dan jaraknya minimal 10 meter dari sumber air, serta dilengkapi dengan sabun untuk mencuci tangan setelah buang air besar.
Disamping itu WC yang memenuhi syarat kesehatan sangat berguna untuk menjaga lingkungan tetap sehat, tidak mencemari sumber air bersih, dan tidak menjadi sumber berkembang biaknya lalat yang menjadi vektor penularan bibit penyakit.
WC yang bersih juga bisa dijadikan ukuran kebersihan individu atau suatu tempat, artinya apabila WC nya bersih dapat dipastikan bahwa individunya atau ruangan lainnya di tempat tersebut juga bersih dan terpelihara. Sifat pribadi seseorang dapat dilihat dari kebersihan WC di rumahnya.
Diharapkan melalui program WC bersih tersebut, jajaran aparat pemerintah, masyarakat dan lainnya mengetahui betapa pentingnya WC bersih yang memenuhi syarat kesehatan, sehingga tercipta kondisi yang memberikan kenyamanan kepada semua pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar