Senin, 18 Juli 2011

Agam kirim 16 santri mengikuti MMN di NTB

Lubuk Basung, Singgalang
Sebanyak 16 santri asal beberapa Pondok Pesantren di Kabupaten Agam mewakili Provinsi Sumatra Barat dalam Musabaqah Mufakat Nasional (MMN) IV Tingkat Nasional pada tanggal  18 – 24 Juli 2011 di Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat.
“Para santri tersebut didampingi dua pelatih dari Kabupaten Agam, yaitu Aidarus dan Firdaus serta Damniryus dari Kasi Pekapontren Kemenag Agam,” kata Kepala Kantor Kemenag Agam, H.Yetrizal Khatib kepada Singgalang, Senin (18/7).
Peserta yang mengikuti lomba tersebut adalah para pemuncak pada lomba yang sama pada tingkat Provinsi Sumatra Barta Juni 2011 lalu, dan kini mereka bersama utusan lain yang berjumlah 39 santri berlomba di tingkat nasional.
Kepiawaian santri dalam membaca kitab kuning yang tak berbaris itu diikuti dengan terjemahannya serta kesimpulan dan kepiawaian dalam menguraikan materi yang dilombakan sangat menentukan keberhasilan mereka menghadapi santri-santri lainnya di Indonesia.
Bagi Kabupaten Agam, besarnya jumlah peserta lomba yang didominasi oleh santri asal Kabupaten Agam sebuah kebanggaan daerah, dan hal itu sebagai bentuk keberhasilan para pimpinan pondok pesantren dan guru yang ada pihak terkait lainnya dalam membina santri di madrasah masing-masing.
Dan suatu hal yang sangat menggembirakan adalah besarnya dukungan pemerintah kabupaten dengan memberikan bantuan kepada peserta dalam bentuk bonus sekaligus memberangkatkan para santri terbaik Agam itu menurut semestinya.
“Mudah-mudahan dengan adanya dukungan yang sangat besar itu turut memberikan semangat bagi santri meraih prestasi dan mampu mengharumkan nama daerah di tingkat nasional,” katanya. 210
Yetrizal Khatib.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar