Kamis, 09 Februari 2012

PT. AMP PLANTATION BANTU KELOMPOK BUDIDAYA IKAN

PT. AMP PLANTATION BANTU KELOMPOK BUDIDAYA IKAN SAIYO TAPIAN KANDIS
Palembayan, Singgalang
Guna peningkatan ekonomi  masyarakat, PT. AMP Plantation bekerja sama dengan Pemerintahan Nagari Salareh Aia dan Jorong Tapian Kandis serta PPL Perikanan Kecamatan Palembayan bantu Kelompok Budidaya Ikan Saiyo Tapian Kandis sebesar Rp30 juta.
Bantuan  tersebut diberikan untuk pembuatan kolam sebanyak 4 kolam, pembelian bibit ikan lele dan kebutuhan pakan sampai panen serta lainnya.
Penyerahan bantuan itu dilakukan oleh Pimpinan Unit I dan PKS/Mill  Jainuddin Sinaga dan Syafrial Tanjung yang didampingi oleh EHS  Aprizal, CDO RO  Agung Sriyono Hadi yang juga disaksikan Wali Jorong Tapian Kandis Syafrial Chan, serta Wali Nagari Salareh Aia Iron Maria Edi yang dilakukan di nagari tersebut, Selasa lalu (7/2).
Manager Mill, Syafrial Tanjung menyampaikan bahwa program tersebut merupakan program CSR perusahaan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar, dan hal itu telah di programkan sejak November 2011 lalu dan selesai secara keseluruhan 7 Feb 2012.
“Kita berharap bantuan tersebut bisa digulirkan kepada masyarakat atau kelompok lainnya, sehingga bisa ikut mengembangkan usahanya, sekaligus meningkatkan perekonomian,” katanya.
CDO PT. AMP Plantation Agung Sriyono Hadi juga menyampaikan, bahwa program CSR ini disinergikan dengan program nagari dan kabupaten, serta telah dilakukan koordinasi sejak Mei 2011 hingga November 2011, dan diharapkan benar-benar bisa berhasil dan tepat guna, karena orang-orang yang dipilih dalam pengembangan usaha tersebut telah mengetahui tentang budidaya lele. Dijelaskan, sistem pengembaliannya dilaksanakan setelah panen (3 bulan) kepada Nagari.
Mengenai proses pengguliran bantuan tersebut kepada yang lainnya, dicontohkan, pada saat panen menghasilkan Rp. 5.000.000/orang, maka anggota akan mengembalikan Rp. 1.000.000 digulirkan kepada kelompok lainnya, sedangkan Rp4.000.000 digunakan modal kembali, demikian seterusnya.
Dan apabila panen kembali anggota kelompok akan mengembalikan sampai perhitungan lunas sehingga tidak akan memberatkan para anggota kelompok.” katanya.
Wali Nagari Salareh Aia Iron Maria Edi menyampaikan terima kasih kepada manajement perusahaan, karena program tersebut sejalan dengan program jangka menengah Nagari salareh Aia yaitu budidaya ikan lele.
“Budidaya ikan lele serta telah menjadi icon kecamatan Palembayan saat ini,” katanya.
Kedepan dengan adanya bantuan dana bergulir itu, kelompok tersebut bisa mengembangkan usahanya dengan sebaik-baiknya, sehingga memberikan hasil yang maksimal kepada kelompoknya serta kelompok yang lain, sehingga masyarakat Salareh Aia lebih sejahtera.
Diharapkan pihak perusahaan bisa secara kontinyu mengontrol dan memberikan bimbingan bersama-sama dengan PPL perikanan Kecamatan, Toguan Sihombing, sehingga dalam pembudidayaan ikan lele tingkat keberhasilannya bisa tinggi. 210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar