Kamis, 09 Februari 2012

PKB dari Pemprov Sumbar ke Agam alami peningkatan

Agam, Singgalang
Pengembalian dana pajak kendaraan bermotor (PKB) dari Pemerintah Provinsi Sumatra Barat ke Pemerintah Kabupaten Agam mengalami peningkatan yang cukup signifikan sejak tahun 2011 yang diberikan untuk tahun 2012. Peningkatan yang terjadi mencapai Rp6 miliar lebih, yaitu pada tahun 2011 terujud sebesar Rp16 miliar lebih dan pada tahun 2012 diberikan sebesar Rp24 miliar lebih.
"Peningkatan yang terjadi berkat terujudnya kinjerja yang maksimal dari semua komponen yang melakukan pelayanan di Kantor Samsat Lubukbasung selama ini," kata Kepala kantor tersebut Basrial kepada Singgalang, Rabu kemarin (8/2).
Menurutnya, berbagai kemudahan pelayanan yang diberikan selama ini sangat menentukan keberhasilan yang dilakukan. Mulai pelayanan di kantor dan fasilitas mobil keliling serta pelayanan antar jemput kepada wajib pajak telah memberikan kontribusi positif bagi peningkatan pajak yang ada, sehingga hal itu akan terus dilakukan dan ditingkatkan di masa selanjutnya, sehingga kesadaran masyarakat pengguna kendaraan bermotor semakin tinggi dari tahun ke tahun.
Sesuai data yang ada saat ini, sedikitnya jumlah kendaraan bermotor dari jenis roda dua dan roda empat selama ini di 6 kecamatan di Kabupaten Agam bagian barat mencapai 15 ribu unit.
"Sebagian besar diantaranya telah memenuhi kewajibannya sebagai insan wajib pajak dengan membayarkannya sesuai aturan yang berlaku," katanya.
Ke depan upaya pendekatan dan pelayanan prima bagi wajib pajak akan terus dilakukan guna meraih pemasukan pajak PKB sebanyak-banyak sesuai dengan jumlah kendaraan bermotor yang ada selama ini.
"Setidaknya pada tahun 2011 lalu, ditargetkan untuk PKB sebesar Rp7 miliar dan terealisasi sebesar Rp6,2 miliar lebih," katanya.
Diharapkan dari tahun ke tahun kesadaran masyarakat wajib pajak semakin meningkat, sehingga pemasukan bagi daerah semakin besar guna melanjutkan pembangunan yang sudah direncanakan sebelumnya.210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar