Kamis, 09 Februari 2012

pkbm generasi muda patut ditiru

Lubukbasung, Singgalang
Sejumlah kalangan memujikan program pembinaan yang dilakukan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Generasi Muda Lubukbasung pimpinan Sri Lestari bersama Imam Syafii dalam membina siswa paket C yang dibinanya melakukan kegiatan peningkatan kesejahteraan melalui penanaman jagung di areal Kodim 0304 di Lubukbasung beberapa waktu lalu.
“Peran serta PKBM dengan program Paket C yang ada tersebut patut menjadi contoh bagi lembaga lainnya yang tidak saja berkonsentrasi dengan proses belajar mengajar, juga upaya peningkatan kreatifitas melalui penanaman jagung demi peningkatan ekonomi siswa dan lembaga,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Erwin Umar kepada Singgalang, Senin (6/2).
Cukup banyak potensi yang bisa dikembangkan melalui PKBM di tengah masyarakat, khususnya bagi siswa yang mengikuti program paker C atau setingkat SLTA, karena mereka tersebut dipandang potensial menjadi siswa kreatif dan berdayaguna untuk peningkatan sumber daya manusia sekaligus meningkatkan ekonomi peserta didik.
Dalam kenyataan siswa yang terhimpun dalam peserta didik paket C terdiri dari siswa yang sebelumnya belum menamatkan pendidikan di tingkat SLTA karena keterbatasan yang dimiliki, akan tetapi mereka berpotensi menjadi kelompok kerja yang siap tampil berkreasi melalui kegiatan sosial kemasyarakatan atau bekerja di lembaga swasta atau negri dalam peningkatan ekonomi masing-masing.
Sehubungan dengan hal itu, Zulfaidar, anggota DPRD Agam dari Komisi IV membidangi pendidikan dan kesejahteraan mendukung sepenuhnya terobosan yang dilakukan PKBM tersebut, karena pada saat mengikuti pendidikan sudah mampu menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan potensi diri mengikuti program peningkatan kesejahteraan melalui bertanam jagung.
“Semoga kreatifitas yang dilakukan tersebut mampu menciptakan generasi yang hidup mandiri dan memberikan yang terbaik diri dan keluarga serta menjadi contoh bagi lembaga lainnya,” kata Zulfaidar.
Pengelola PKBM) Generasi Muda Lubukbasung pimpinan Sri Lestari bersama Imam Syafii menjelaskan bahwa kegiatan penanaman jagung yang diikuti sebanyak 20 siswa anak binaan lembaga itu meujudkan kegiatan tersebut sebagai bentuk pemberdayaan menjadi siswa kreatif yang berhasil di bidang studi dan sukses dalam bidang peningkatan ekonomi.
“Sedikitnya areal perkebunan jagung yang kini sedang dikembangkan seluas 4 hektar dengan bekerjasama dengan pemuda Sungai Jaring tempat lokasi tersebut berada,” kata Sri Lestari.
Diharapkan dengan adanya kegiatan tambahan itu sekaligus menambah penghasilan siswa dari hasil penanaman jagung itu nantinya. 210/518

Tidak ada komentar:

Posting Komentar