Selasa, 09 April 2019

anggota koperasi bina harapan bersama bawan butuh pembinaan pembuatan uppo


Agam, Singgalang 

Anggota Koperasi Bina Harapan Bersama Padang Sibalungkiang Bawan Kecamatan Ampek Nagari mengikuti dialog dengan Kepala Dinas Pertanian Agam Isman Imran dan jajaran di areal perkebunan jagung yang dikelola kelompok koperasi setempat, Senin (8/4).

Ketua Koperasi Bina Harapan Bersama Padang Sibalungkiang Derisman menjelaskan, bahwa pihaknya bersama anggota yang mencapai ratusan orang berharap kepada pemerintah atau pihak berkompeten melakukan pembinaan pembuatan pupuk organik yang berasal ampas tanaman, tapi sapi dan lainnya. 

"Dengan adanya upaya pembuatan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) akan banyak kemudahan bagi anggota dalam mengembangkan usaha pembuatan pupuk untuk tanaman jagung, "katanya. 

Pupuk tersebut tidak saja modalnya murah, material yang digunakan tersedia dan tidak membebankan kepada anggota biaya mahal untuk memberikan pupuk bagi tanaman yang kini sedang dikembangkan di dalam kelompok. 

" Adapun material yang disediakan seperti ampas tanaman, tahi sapi, dan bahan lainnya untuk pengadaan pupuk organik yang sangat diperlukan tersebut, "katanya. 

Dengan sentuhan pembinaan dan program UPPO dari pihak berkompeten, dapat memberikan kontribusi besar untuk kesuksesan petani dalam pengembangan usaha tanaman jagung.

"Setidaknya melalui ratusan petani jagung dengan ratusan hektare lahan yang tersedia kondisi peningkatan perekonomian petani ikut meningkat dari waktu ke waktu, "katanya. 

Untuk saat ini, kelompok tidak saja memiliki ratusan hektare lahan jagung, 20 ekor sapi dan sarana pendukung lainnya. 

Hanya saja, masih dibutuhkan bantuan dan dukungan dari pemerintah demi kesuksesan kehidupan petani menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. 

"Selain itu, kita juga berharap kepada pemerintah untuk menyediakan sejumlah fasilitas untuk memudahkan pembuatan pupuk organik tersebut, dan sarana lainnya dalam menunjang kelancaran petani mengembangkan usaha yang dilakukan, "katanya . 

Dalam kaitan dengan hal itu Kepala Dinas Pertanian Agam Isman Imran bersama sejumlah pejabat pertanian menyatakan siap mendukung dan menfasilitasi kelancaran petani dalam pengembangan usaha pertanian yang kini dijalankan petani. 

"Kita selalu siap membina dan mengembangkan potensi pertanian yang menjadi usaha peningkatan kesejahteraan petani dalam mendorong kehidupan yang lebih baik, "katanya. 

Bantuan yang diusahakan berupa peralatan pertanian, pembuatan jalan usaha tani dan lainnya. 

Tentunya hal ini diusulkan terlebih dahulu oleh kelompok tani atau masyarakat dan direkomendasi dinas serta selanjutnya diminta pemerintah provinsi atau pusat untuk mendapatkan bantuan yang diharapkan.***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar